Magang ceria

by - Agustus 02, 2015

Haloooooooo.....
long time no see yaaa, gue ini blogger yang malas ternyata. hahaha

mmmm mau cerita aja sih, udah seminggu terakhir ini gue sama 7 orang temen sejurusan lagi magang di balai rehabilitasi sosial "wanita utama" surakarta. jadi disana itu penerima manfaat (PM) alias orang-orang yang ada didalem sana  itu berasal dari latar belakang kerjaan yang macem-macem. ada yang mantan pekerja seks komersial, ada yang anak jalanan, ada yang anak punk, macem-macem dah pokoknya.

baru seminggu sih disana tapi gue udah mulai bisa membaca situasi disana. *sok-sokan dikit*
pmnya itu macem-macem tingkahnya, padahal sebagian besar pmnya udah berumur 40an keatas (nebak doang sih) banyak juga yang gamau ngaku kalo mereka awalnya tuh p*k. alesannya macem-macem, ada yang katanya cuman lagi jajan trus ikut kejaring razia, ada yang alesan katanya lagi nunggu polisi dll. pokoknya gak gampang ngorek informasi dari mereka!!!

oh iya disana gak semuanya normal loh, maksud gue ada beberapa yang kejiwaannya rada terganggu. gangguan mental,dll. beberapa karena mereka itu di masa lalunya korban pelecehan seksual ada juga yang kejebak faktor ekonomi dan akhirnya mengalami waham. ada salah satu pm yang ngerasa dirinya adalah seorang penyanyi terkenal. disana juga dijadwalkan setiap minggu pemeriksaan rutin ke rumah sakit jiwa. seru pokoknya.

disana gue magang 5 minggu, mulai dari 27 juli kemaren sampe akhir agustus ini. kebetulan ada anak-anak SMK 7 surakarta yang juga lagi magang disana, mereka magang 3 bulan, udah sebulan duluan daripada gue sama temen-temen disana, jadi kadang-kadang kalo ada hal-hal tentang pm yang kita belom tau kita-kita pada nanya sama anak-anak SMK itu. dan mereka cukup membantu!!

seminggu disana sih, berasa ditampar bolak-balik gue. disana tuh yaa, ibuk-ibuk ada yang gabisa baca sama sekali. ada yang gabisa sholat, gatau ngaji. dan banyak lainnya. yaa sebagai mahasiswa semester 7 gue ngerasa banyak gak bersyukur atas apa yang diberikan Allah. rejeki itu bukan cuma bentuk materi, tapi rejeki bisa juga berbentuk ilmu pengetahuan yang diberikan Allah dan dimanfaatkan dengan baik oleh manusia. disana kita ada jadwal ngasih tausiyah tiap minggu, trus ada waktu luang kita ngajarin calistung (baca tulis hitung) kebayang gak sih rasanya lo ngajar emak-emak baca ?!! keinget emak gue pengen nangis rasanya. yaa pokoknya semoga keberadaan kita semua disana selama sebulan ini bisa memberikan banyak manfaat buat para pm disana. aamiin

You May Also Like

0 komentar