by - Januari 23, 2015

Hari ini, 23 Januari 2013 adalah hari yang ditunggu-tunggu bagi sebagian besar mahasiswa kampus konservasi (katanya) karena hari ini semua nilai-nilai selama 1 semester kuliah keluar alias yudisium.

Bagi mahasiswa-mahasiswa baru keluarnya nilai tentu sangat didamba-damba, bagaimana tidak , kita bisa tahu hasil jerih payah kerja keras (bagi yg kerja keras) kita dari nilai dan IP yang keluar. namun ternyata bagi angkatan-angkatan agak tua seperti angkatan saya, yudisium masih begitu menarik untuk dinanti. Melihat respon teman-teman saya sebelum yudisium (bahkan saya sendiri) yang masih begitu antusias menunggu hingga pukul 00.00 demi bisa membuka sikadu dan melihat hasil kerja keras (katanya) selama 1 semester.  dan setelah melihat ???? ada banyak respon yang muncul. berlomba-lomba update status tentang "IP" yang anjlok lah, naiklah, gak berubah,dll.

saya semakin menyadari bahwa di Indonesia, penilaian tentang seseorang itu berprestasi ternyata sangat bergantung pada nilai (IP) yang diperoleh. tidak salah karena memang yang bisa dijadikan tolak ukur adalah hal tersebut. ujian ??? menurut saya ujian bukan untuk menguji kepandaian seseorang, tapi untuk menguji ingatan seseorang.

IP saya semester ini lumayan mengecewakan. kalo liat dari satu sisi. tapi kalo diinget-inget lagi proses saya selama satu semester ini, memang saya kurang maksimal. males belajar, lebih berat ke organisasi, banyak jalan-jalan, terlalu nyantai,dll. so IP saya mengecewakan ? iya mengecewakan tapi saya tidak larut didalamnya. ini saya jadikan teguran biar semester depan saya bisa lebih baik lagi. fokus untuk memperbaiki kesalahan saya semester ini, everyone have second chance right ???!!!

tadi saya ditelpon mamah, ketika saya bercerita tentang IP saya semester ini, ada desahan kecewa dari nada suaranya, Tuhan.... lagi-lagi aku melukai hati orang tuaku. ada sakit yang tidak bisa aku jelaskan saat ini. susah mendeskripsikan perasaan sakit ini. but life must go on. kalau terus-terus memikirkan IP yang anjlok saya hanya akan bagai berenang di kubangan lumpur. Up and down itu biasa.

selamat kepada teman-teman yang IPnya meningkat, kalau masih bisa ditingkatkan, ayoo ditingkatkan, kalo mentok, dipertahanin. yang IPnya turun, syukuri aja, itu satu-satunya jalan biar gak stress sendiri haha xp *radacurhat*

so now, I wanna say brace yourself, smt 6 is coming!!!!

You May Also Like

0 komentar